CATATAN PERJALANAN EKSPEDISI GUNUNG SINDORO VIA KLEDUNG RINTIS SUREN WANASETYA 2018

Posted: November 6, 2018 in Uncategorized

Untuk menjadi Anggota Muda Wanasetya, kami pra-ang harus melaksanakan ekspedisi di gunung yang ada di Pulau Jawa. Gunung ini tentunya harus memenuhi syarat yang diberikan kakak-kakak wanasetya yaitu memiliki ketinggian lebih dari 3000 mdpl dan minim sumber air. Sehingga kami bermusyawarah dan sepakat untuk memilih Gunung Sindoro dengan jalur Kledung, Bansari, dan Alang-alang Sewu. Untuk pertama kalinya ekspedisi diadakan melewati tiga jalur. Ekspedisi ini akan berlangsung maksimal 5 hari tapi kami hanya menggunakan 4 hari saja ( 27 Agustus 2018 – 31 Agustus).  Untuk itu kami melakukan persiapan segala rundown kegiatan ekspedisi kali ini harus dengan matang. Ini adalah catatan perjalanan kami via kledung.

Tim yang akan melewati jalur kledung adalah kak sukro, kak lanting, kak molen, kak oge, dias (korlap), abim, vitro, ardi, dan ulza. Kami tiba di basecamp pukul 10.48 WIB, kemudian beberapa dari kami melakukan simaksi, dan lanjut makan siang bersama. Pukul 11.30 WIB kami mulai melakukan perjalanan dimulai dengan doa bersama. Selanjutnya pukul 12.45 WIB kami tiba di Pos 1 setengah, dan istirahat selama 15 menit. Pukul 13.00 WIB kami kembali melanjutkan perjalanan.

Ketika perjalanan menuju Pos II, kak lanting mengalami kram pada betisnya, sehingga kami istirahat sebentar untuk memastikan kondisi kak lanting baik baik saja. Kemudian pukul 13.45 WIB kami sampai di Pos II untuk sekedar istirahat sebentar, Kemudian kami melanjutkan perjalanan pukul 14.10 WIB. Dengan trek yang berpasir kami sedikit kesulitan karena licin sehingga tetap harus berhati hati. Pukul 14.30 WIB kami sampai di Pos III, dikarenakan kabut yang semakin tebal kami memutuskan untuk beberapa dari kami melanjutkan perjalanan ke sunrise camp. Beberapa dari kami tiba di sunrise camp kemudian mendirikan tenda dan menyiapkan minuman hangat. Pukul 16.20 WIB beberapa dari kami akhirnya sampai dan istirahat.

Picture1

Selama di sunrise camp kami melakukan sholat dzuhur ashar yang di jama’ takhir,mendirikan tenda, masak, kemudian sholat magrib, makan bersama, sharing-sharing, sholat isya, kemudian persiapan tidur. Tentunya hal ini membuat kekeluargaan diantara kami makin erat, dan lebih dekat dengan kakak-kakak wanasetya. Pada dini hari pukul 02.30 WIB kami bangun untuk persiapan summit ke puncak sindoro. Sayangnya kami sedikit molor untuk summit sehingga pukul 06.30 WIB kami berangkat. Walau trek semakin terjal, tapi dengan pemandangan yang luar biasa membuat rasa lelah itu sendiri tidak terasa. Pukul 07.25 WIB kami sampai di Pos IV “ Batu Tatah ” kami istirahat dan sekedar berfoto bersama , kemudian melanjutkan perjalanan pukul 07.55 WIB. Kemudian akhirnya kami sampai pukul 08.45 WIB di Puncak Sindoro, disana kami bertemu dengan teman dan kakak wanasetya yang melalui jalur Bansari dan Alang-alang sewu, selanjutnya kami mendapatkan arahan dan pelantikan kami sebagai angota muda, tidak hanya itu kami juga mendapat nama lapangan. Setelahnya kami berfoto bersama, dan turun pukul 11.00 WIB.

Kami semua turun melalui jalur kledung, tentunya dengan jalur yang licin membuat kita harus sangat berhati-hati, Pukul 15.55 WIB kami semua tiba di sunrise camp, disana kami istirahat dan makan siang, selanjutnya kami melanjutkan perjalanan. Dan akhirnya pukul 19.10 WIB kami sampai di basecamp via kledung, kami membersihkan pakaian dan melaksanakan sholat di masjid dekat basecamp. Tentunya disinilah kami akan pulang ke daerah tujuan masing-masing, beberapa dari kami ada juga yang kembali ke Jakarta. Demikianlah catatan perjalanan selama eksepdisi via kledung yang kami buat, Mohon maaf atas kesalahan yang terdapat pada tulisan ini. Terimakasih.