Diksar Calon Anggota Wanasetya XV

Posted: Desember 9, 2017 in Uncategorized

Wanasetya mengadakan kegiatan pendidikan Dasar (Diksar) Calon Anggota Wanasetya XV. Diksar merupakan bagaian pendidikan yang harus dilalui calon anggota untuk menjadi anggota tetap Wanasetya. Kegiatan Diksar dilakukan untuk menumbuhkan empati para calon anggota Wanasetya kepada alam sekitar. Diksar tahun ini diikuti 18 calon calon anggota yang terdiri dari 15 taruna dan 3 taruni dari angkatan 2017. Diksar dilaksanakan mulai Kamis, 30 November 2017 s.d. Minggu, 3 Desember 2017 di Gunung Kencana, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kamis, 30 November 2017.

Kegiatan diksar dimulai pukul 19.30 WIB dengan arahan dari pembina Wanasetya dan kakak-kakak Wanasetya di depan Guest House. Calon anggota Wanasetya dibagi menjadi 3 regu untuk memudahkan koordinasi, untuk setiap regu berjumlah 6 orang. Sebelum berangkat, calon anggota dibagikan bekal dan perlengkapan yang akan digunakan seperti peralatan navigasi darat.  Calon anggota berangkat dari kampus STMKG menuju stasiun Pondok Ranji untuk ke Stasiun Bogor. Setibanya di Stasiun Bogor, perjalanan dimulai dengan Long March dipimpin oleh Kak Rahman dan Kak Shandy menuju lokasi yang dituju.

Jumat, 1 Desember 2017

Pada pukul 07.30 WIB, para calon anggota tiba di persimpangan jalan sebelum masuk ke rute pendakian. Sebelum menyusuri rute pendakian, calon anggota sarapan pagi untuk mengisi energi yang terkuras. Setelah sarapan, calon anggota melanjutkan perjalanan salah satu Masjid di kaki Gunung Kencana karena tidak lama lagi akan masuk waktu shalat Jumat.

Setelah Sholat Jumat, kegiatan dilanjutkan dengan praktik Navigasi Darat. Para calon anggota secara berkelompok melakukan orientasi peta untuk menentukan lokasi mereka saat itu, tetapi karena tebalnya kabut dan terbatasnya jarak pandang. Kakak Wanasetya memberikan sedikit clue bantuan untuk menentukan posisi mereka saat itu dan akhir titik posisi mereka di dekat pemukiman warga. Setelah calon anggota tiba di titik posisi sudah di titik tersebut semua, kegitan dilanjutkan dengan praktik man to man, tiap kelompok diminta melakukan Man to Man menuju Pemukiman selanjutnya melewati perkebunan teh. Kegiatan man to man selasai pukul 3 sore karena cuaca kurang mendukung dan semua regu beristirahat di pos 1 pendakian Gunung Kencana.

Keadaan cuaca pun mulai membaik. Seluruh calon anggota dan panitia kembali ke masjid yang sebelumnya dipakai sholat Jumat. Perjalanan melewati jalan yang dipakai sebelumnya hingga hari mulai memasuki malam. Setelah sampai di Masjid, calon anggota membangun bivak dan menyiapkan makan untuk menghabiskan malam.

Sabtu, 2 Desember 2017.

Calon anggota kembali ke lokasi sebelumnya melalui jalan yang berbeda, dan mulai memasuki hutan untuk kegiatan survival. Para calon anggota dibagi menjadi 2 sampai 3 orang perkelompok dan diberikan tempat tertentu untuk mendirikan bivak.

Minggu, 3 Desember 2017

Calon anggota melanjutkan kegiatan susur sungai. Setelah selesai kegiatan, kegiatan diksar ditutup dengan melakukan pelantikan calon anggota menjadi pra anggota Wanasetya. Para calon anggota mengucapkan nama, alasan masuk Wanasetya dan peran apa yang akan dilakukan untuk Wanasetya dengan lantang sambil menaruh bendera Wanasetya di jantung. Setelah kegiatan diksar ditutup, pra anggota dan kakak-kakak Wanasetya kembali pulang ke tempat tinggalnya masing-masing.

Tinggalkan komentar