CATATAN PERJALANAN DIKJUT WANASETYA 2018 ( PENDIDIKAN LANJUT PRA-ANGGOTA) RINTIS SUREN

Posted: November 4, 2018 in Uncategorized

Untuk menjadi Anggota Muda Wanasetya, kami pra-ang harus mengikuti pendidikan lanjut ketika Pendakian Massal yang berlangsung selama 2 hari ( 6 Juli 2018 – 8 Juli 2018 ), tentunya dengan fisik dan mental yang sudah dibina selama satu minggu.  Untuk itu kami melakukan persiapan barang-barang dengan teliti agar barang bawaan tidak ada yang tertinggal. Kami akan melewati jalur Cibodas berbeda degan peserta pendakian massal yang melalui jalur Gunung Putri.

Pada hari Jum’at, 6 Juli 2018 Pukul 19.05 WIB kami memulai perjalanan dengan berjalan kaki menuju Stasiun Pondok Ranji, sesampainya disana kami menunggu KRL yang menuju Stasiun Bogor. Pukul 19.53 berangkat dari Stasiun Pondok Ranji menuju Stasiun Bogor, sampai pada pukul 21.52 WIB. Selanjutnya kami menggunakan angkutan umum menuju basecamp via cibodas dan sampai pukul 01.52 WIB, kemudian kami diberi waktu istirahat sekaligus mendapat arahan dari kakak-kakak yang mendampingi.

Kemudian pukul 03.35 kami melanjutkan perjalanan, pendakian malam mungkin akan lebih banyak resiko daripada pendakian siang, tapi dengan semangat dan kekompakan dapat kami lalui. Pukul 05.00 WIB kami menunaikan ibadah sholat subuh sekaligus sarapan di Pos 1. Selanjutnya kami sampai di kandang badak pukul 07.00 WIB, ini lebih cepat dari yang kami targetkan yaitu sekitar pukul 08.00 WIB. Kami istirahat dan mengisi air sebagai sumber air kami selama pendakian di kandang badak

Setelah itu, kami melanjutkan perjalanan menuju Puncak Pangrango. Nah, perjalanan mendaki puncak dari Kandang Badak cukup memakan waktu yang lama. Yakni 2 jam perjalanan masing-masing, menuju puncak gunung Gede atau puncak gunung Pangrango. Nanti kita akan bertemu dengan percabangannya, kiri untuk puncak Gede, kanan untuk puncak Pangrango. Dibawah ini merupakan peta jalur pendakian via Cibodas.

Picture1

Selama perjalanan, ada dua orang teman kami yang mengalami cedera sehingga kami tidak dapat sampai puncak pangrango sesuai target, kami sampai pukul 12.00 WIB. Saat berada di puncak kami istirahat dan makan siang, lalu menuju Mandalawangi untuk menunaikan ibadah sholat dzuhur, setelahnya kami mendapat arahan dari kakak-kakak wanasetya.

Kemudian pukul 14.43 WIB kami kembali turun ke Kampung Badak untuk kembali mengisi sumber air dan istirahat. Pukul 17.16 WIB kami siap melakukan pendakian ke puncak Gede. Dalam perjalanan menuju puncak Gede kita akan bertemu dengan jalan yang bercabang, satu jalan memutar, satunya lagi jalan via tanjakan yang sangat ekstrim dinamakan “Tanjakan Setan”. Kami mendaki via jalur Tanjakan Setan pada waktu magrib , setelah melewatinya kami sampai pada puncak gede pukul 19.00 WIB, angin di puncak gede cukup kencang sehingga kita harus sangat berhati-hati. Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Alun-alun Surya Kencana karena disanalah kami akan bermalam. Kami sampai pukul 20.58 WIB di Alun-alun Surya Kencana, kemudian kami langsung mendirikan tenda dengan flysheet dan masak untuk makan malam ini, selalu ingat selelah apapun kita harus tetap mengisi tenaga agar badan tetap fit.

Kemudian kami dibangunkan pada pukul 04.30 WIB untuk mendapatkan arahan dan nasehat dari kakak-kakak wanasetya, setelahnya kami diberi waktu untuk masak, makan dan packing semuanya. Kami menuju camp tenda pembina dan pendaki taruna STMKG lainnya yang melalui jalur Gunung Putri. Sebelum menuju puncak gede kembali, kami melakukan foto bersama. Kemudian kami pra-ang kembali dikumpulkan untuk mendapatkan arahan dan persiapan menuju puncak gede. Pukul 08.15 WIB kami berangkat dan sampai puncak pukul 09.02 WIB. Kami kembali mendapatkan arahan dan memulai kembali perjalanan pukul 09.15 WIB.

Kami tidak turun via Tanjakan Setan lagi dikarenakan banyaknya pendaki lain sehingga kami memilih jalur lain, kami sampai di Kampung Badak pukul 10.00 WIB, istirahat dan mengisi sumber air. Kemudia pukul 10.27 WIB kembali melanjutkan perjalanan turun. Kami kembali istirahat pukul 11.06 WIB di Batu Kukus 1 pukul 11.06, kemudian lanjut perjalanan lagi, kami menuju Air Terjun Cibereum dan sampai pukul 11.50 WIB, disana kami mendapat arahat dan nasehat dari kakak-kakak wanasetya, sayangnya kami belum mendapat hak sebagai anggota muda. Walaupun demikian kami harus tetap semangat dan terus meningkatkan loyalitas di wanasetya. Setelahnya kami membersihkan badan dan mengganti pakaian, kemudian kami melanjutkan perjalanan turun ke basecamp, kami sampai pukul 15.05 WIB. Di basecamp kami istirahat dan sekedar bercanda untuk menghilangkan rasa lelah sembari menunggu peserta pendakian massal.

Pukul 19.05 WIB kami pra-ang dan peserta pendakian massal bersiap untuk pulang ke Pondok Betung dengan bus STMKG. Kemudian sampai di kampus pukul 01.30 WIB. Kemudian kami diperkenankan untuk pulang dan istirahat. Demikianlah catatan perjalanan selama Pendidikan Lanjut Wanasetya yang kami buat, Mohon maaf atas kesalahan yang terdapat pada tulisan ini. Terimakasih.